PRESS RELEASE KULIAH TAMU S1- TEKNIK MESIN 2020 OIL AND GAS INDUSTRY

PRESS RELEASE KULIAH TAMU S1- TEKNIK MESIN 2020 OIL AND GAS INDUSTRY

Surakarta, 26 Juni 2020  Prodi S1 – Teknik Mesin Universitas Sebelas Maret (UNS) mengadakan kuliah tamu yang di laksanakan secara online melalui Via Zoom. Kuliah tamu ini di hadiri oleh para mahasiswa, dosen, dan juga alumni Teknik Mesin UNS. Kuliah tamu kali ini berjudul “ OIL AND GAS INDUSTRY “. Pembicara pada kuliah tamu kali bernama Sekar Wuri Dewayani, yang merupakan alumni dari S1 Teknik Mesin Universitas Maret tahun 2008. Beliau biasa di panggil Mbak Sekar atau Mbak Dea. Mbak Dea sekarang bekerja sebagagi Well Planner pada salah satu perusahaan oil and gas yang ada di Indonesia, yaitu PT. Weatherdord Indonesia. Mbak sekar memulai karirnya pada Oktober 2008 sebagai Oil Spill Responder  pada perusahaan Slickbar Indonesia, Jakarta, Indonesia. Selain itu beliau juga pernah bekerja pada bidang manufacturing.

Pada kuliah tamu berbeda dengan biasannya. Hal ini di sebabkan karena masih dalam situasi Pandemi Covid 19, maka kuliah tamu kali ini di laksanakan secara online menggunakan via Zoom. Partisipan pada kuliah tamu ini lumayan bayak, sekitar 132 partisipan. Kuliah tamu ini beliau memberikan materi kepada kami mengenai dasar dasar yang di pelajari dalam industry perminyakan dan gas di Indonesia, seperti: Overview of Drilling Operation, Rig Component, drilling Services, dan juga Drilling Plan. Dalam kuliah tamu ini juga beliau menyampaikan bagaimana pengalaman – pengalam beliau yang ia hadapi Ketika bekerja di industry perminyakan dan gas di Indonesia.

Motivasi beliau dari awal sudah bergelut dalam bidang perminyakaan dan gas di Indonesia adalah “NEKAD”. Artinya beliau memang tidak memiliki bekal apa pun yang berkaitan dengan industri perminyakan dan gas di Indonesia, mengingat beliau lulusan dari Teknik Mesin, bukan Teknik Perminyakan, tetapi beliau menyukai hal – hal yang melebihi dari zona nyaman belaiu, artinya beliau suka dengan hal – hal baru yang belum beliau tahu dan kuasai. Tetapi tetap saja ada pelajaran Teknik Mesin yang berkaitan dengan dunia perminyakan dan gas seperti : Fisika Dasar, Konservasi Energi, dll. Dan keunggulan beliau di bandingkan lulusan yang lainnya adalah beliau mahir dalam mendesaian gambar menggunakan Autocad, yang sudah beliau pelajari sejak lama di Teknik Mesin .

Adapun Trik dan Cara yang beliau agar bisa memahami dunia perminyakan dan gas adalah ketika awal kita di terima, maka kita akan menerima Training dari perusahaa, dan juga aka ada Ujian Kompetensi, sehingga kita akan tetap terpacu untuk terus belajar, dan untungnya kita belajar mengenai hal yang baru tetapi kita tetap di gaji. Selain itu beliau juga berkata tidak usah takut mencoba hal yang baru karena akan selalu ada orang yang akan menolong kita ketika kita mengalami kesusahan.

Banyak orang yang meragukan bahwa dunia perminyakan dan gas di Indonesia memang awal – awal menjanjika, tetapi lama – kelamaan harga minyak dan gas di dunia semakin turun, dan juga persediaannya yang semakin lama semakin sedikit. Beliau menanggapi hal tersebut dengan “Bahwa di dunia pekerjaan tidak ada yang bisa menjamin bagaimana masa depan dari pekerjaan tersebut. Setiap pekerjaan memiliki resiko dan tanggungan masing masing. Kita sebagai manusia hanya bisa yakin dengan keputusan yang kita ambil, dan kita harus yakin bahwa pekerjaan yang kita ambil kedepannya merupakan rencana dari tuhan yang baik untuk kita. Beliau juga berpesan kepada wanita yang minat mengenai dunia permiyakan dan gas agar tidak minder dan jangan pernah takut untuk mencoba hal – hal yang baru  dengan menggunakan Planning Career. ” Ujar Mbak Dea ( Surakarta, 26 Juni 2020)

Tinggalkan Balasan

Close Menu