Pembuatan Wahana Papan Seluncur pada Taman Wisata Mekarsari di Desa Kaligentong Kabupaten Boyolali untuk Meningkatkan Potensi Wisata dan Membangun Keberanian Pada Anak

Pembuatan Wahana Papan Seluncur pada Taman Wisata Mekarsari di Desa Kaligentong Kabupaten Boyolali untuk Meningkatkan Potensi Wisata dan Membangun Keberanian Pada Anak

Boyolali, 7 Juli 2023-Program Studi Teknik Mesin Universitas Sebelas Maret yang tergabung pada grup riset Konversi Energi Terapan dan Nanoteknologi melakukan pengabdian masyarakat di Taman Mekarsari yang terletak di Desa Kaligentong Kecamatan Gladagsari Kabupaten Boyolali Provinsi Jawa Tengah. Taman tersebut merupakan revitalisasi dari tempat pembuangan sampah rumah tangga masyarakat sekitar. Tempat wisata ini memiliki tiga fungsi yaitu fungsi pemeliharaan kelestarian sungai dan lingkungan, fungsi kawasan rekreasi bagi warga masyarakat dan sarana edukasi, dan fungsi sarana bisnis kuliner dan pemasaran hasil-hasil UMKM. Akan tetapi dalam perkembangannya, masih terdapat ruang kosong terbuka yang dapat dimanfaatkan sebagai tempat bermain dan belajar anak-anak. Dapat diketahui bahwa bermain ditaman dapat menumbuh kembangkan anak, diantaranya adalah belajar dan melatih ketangkasan anak sejak dini.

Para dosen yang tergabung pada grup riset dan dibantu mahasiswa melakukan pengabdian masyarakat dengan melakukan pembuatan wahana pada Taman Mekarsari berupa papan seluncur. Papan seluncur merupakan sebuah wahana dengan bentuk seperti seluncuran yang difungsikan sebagai sarana anak-anak untuk berinteraksi pada lingkungan luar. Malalui interaksi ini diharapkan dalam diri anak-anak dapat memupuk sikap berani dan percaya diri terhadap dunia luar. Pembuatan ruang bermain bagi anak usia dini dilakukan dengan memperhatikan aspek material dan immaterial.

Pihak pengelola Taman Mekarsari menyambut baik dilakukannya Pengabdian Masyarakat untuk pembuatan wahana papan seluncur. Dimana Pengabdian Masyarakat ini menambah wahana di Taman Mekarsari sehingga menambah kebahagiaan anak anak. “Harapan kami dari hasil pengabdian masyarakat ini menunjukkan bahwa mata kuliah ataupun pelajaran yang ada di teknik mesin ini ternyata sangat aplikatif untuk menyelesaikan persoalan-persoalan yang ada di masyarakat sebagai contoh pembuatan taman bermain anak-anak yang dirancang bangun dengan perhitungan matang yang bisa dipasang di outdoor pada lahan yang cukup dan setelah dilakukan uji coba bisa berfungsi dengan baik. Mmudah-mudahan pengabdian kami dari program studi teknik mesin ini bisa membawa kemaslahatan dan kemakmuran masyarakat yang berkunjung di Taman Mekarsari pada umumnya” tutur Prof. Dr. Ir. Zainal Arifin, S.T., M.T. selaku ketua grup riset.

Close Menu