Manufaktur Jungkat Jungkit pada Taman Wisata Mekarsari di Desa Kaligentong Kabupaten Boyolali untuk Meningkatkan Potensi Wisata dan Mengembangkan Koordinasi Anak

Manufaktur Jungkat Jungkit pada Taman Wisata Mekarsari di Desa Kaligentong Kabupaten Boyolali untuk Meningkatkan Potensi Wisata dan Mengembangkan Koordinasi Anak

Boyolali, 7 Juli 2023-Dosen dan Mahasiswa yang tergabung pada grup riset Metal Processing and Technology Program Studi Teknik Mesin Universitas Sebelas Maret melakukan pengabdian masyarakat dengan melakukan pembuatan wahana taman bermain berupa ayunan jungkat jungkit yang diterapkan di Taman Mekarsari. Taman Mekarsari yang terletak di Desa Kaligentong Kecamatan Gladagsari Kabupaten Boyolali Provinsi Jawa Tengah merupakan bentuk revitalisasi dari tempat pembuangan sampah rumah tangga masyarakat sekitar. Pengabdian dilakukan untuk menyediakan ruang bermain bagi anak usia dini dengan memperhatikan aspek material dan immaterial.

Melalui wahana berupa ayunan jungkat jungkit dapat mengurangi ruang kosong terbuka Taman yang dapat dimanfaatkan sebagai tempat bermain dan belajar anak-anak. Selain itu, anak anak dapat meningkatkan kepercayaan diri dan keberanian untuk menghadapi suatu hal yang baru. Koordinasi dan keseimbangan dibutuhkan saat bermain jungkat-jungkit. Tak hanya itu dengan bermain permainan ini anak-anak juga belajar saling bekerja sama satu sama lain.

Pengabdian masyarakat ini menunjukkan bahwa mata kuliah di teknik mesin ini mempunyai aplikatif untuk menyelesaikan persoalan-persoalan yang ada di masyarakat sebagai contoh pembuatan taman bermain anak anak kita dengan rancang bangun dengan perhitungan yang matang bisa dipasang di outdoor. Mudah-mudahan pengabdian kami dari program studi teknik mesin ini bisa membawa kemaslahatan dan kemakmuran masyarakat yang berkunjung di Taman Mekarsari pada umumnya.

Close Menu