Pembuatan Panorama Bridge Ride pada Taman Wisata Mekarsari di Desa Kaligentong Kabupaten Boyolali untuk Meningkatkan Potensi Wisata dan Edukasi Masyarakat

Pembuatan Panorama Bridge Ride pada Taman Wisata Mekarsari di Desa Kaligentong Kabupaten Boyolali untuk Meningkatkan Potensi Wisata dan Edukasi Masyarakat

Boyolali, 7 Juli 2023-Dosen dan Mahasiswa yang tergabung dalam grup riset Teknologi dan Pemrosesan Non Logam Program Studi Teknik Mesin Universitas Sebelas Maret melakukan pembuatan wahana pada taman Mekarsari berupa jembatan panorama. Jembatan panorama merupakan salah satu sarana permainan anak-anak dengan berbentuk seperti jembatan gantung yang diharapkan dapat menumbuhkan sifat percaya diri yang dimiliki. Pembuatan wahana tersebut merupakan salah satu bentuk Pengabdian Masyarakat yang diterapkan di Taman Mekarsari yang terletak di Desa Kaligentong Kecamatan Gladagsari Kabupaten Boyolali Provinsi Jawa Tengah.

Pengabdian dilakukan untuk memenuhi kebutuhan akan pemanfaatan ruang kosong terbuka sebagai tempat bermain dan belajar anak-anak. Dapat diketahui bahwa bermain ditaman dapat menumbuh kembangkan anak, diantaranya adalah belajar dan melatih ketangkasan anak sejak dini. Pengabdian dilakukan dengan mengaplikasikan mata kuliah yang ada di teknik mesin untuk menyelesaikan persoalan-persoalan yang ada di masyarakat sebagai contoh pembuatan taman bermain anak anak. Pembuatan dilakukan dengan memperhatikan rancang bangun pada lahan yang cukup dan setelah kita uji coba bisa berfungsi dengan baik.

Pengabdi berharap mudah-mudahan pengabdian kami dari program studi teknik mesin ini bisa membawa kemaslahatan dan kemakmuran masyarakat yang berkunjung di Taman Mekarsari pada umumnya. Selain itu, hasil pengabdian dapat menunjang fungsi taman yang ada di Taman Mekarsari berupa fungsi pemeliharaan kelestarian sungai dan lingkungan, fungsi kawasan rekreasi bagi warga masyarakat dan sarana edukasi, dan fungsi sarana bisnis kuliner dan pemasaran hasil-hasil UMKM.

Close Menu