RG Metal Bekerja Sama dengan Ihrish Creative Studio Mengembangkan Alat Sablon Cup Semi Otomatis

Sekilas Pandang

Ihrish creative studio merupakan usaha rintisan yang terletak di dusun Jongkang, Tasikmadu, Karanganyar. Usaha rintisan ini didirikan seorang pemuda yang merupakan mantan anak jalanan. Pemuda ini masuk di Pondok Pesantren Wirausaha yang dikelola oleh Yayasan Usaha Umat Karanganyar dan mendirikan Ihrish creative studio dengan modal seadanya. Saat ini, usaha rintisan ini telah berumur kurang lebih 1 tahun dan mendapat Nomor Izin Berusaha (NIB) tanggal 22 Juli 2022. Lingkup kegiatan ekonomi Ihrish creative studio adalah jasa desain dan cetak MMT, layout buku dan kalender, dan sablon kaos. Sebagaimana lazimnya usaha rintisan, pelaku usaha ini masih mencari format usaha yang sesuai bagi unit usahanya. Pelaku usaha dalam level ini akan melakukan trial dan error sambil mengevaluasi besarnya modal dan keuntungan untuk memperlancar pengembangan usaha. Tim PKM RG Metal Prodi Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Sebelas Maret Surakarta melihat usaha rintisan Ihrish creative studio ini perlu diarahkan untuk meningkatkan produktivitasnya dengan cara diversifikasi produk yaitu memperbanyak jenis usaha sehingga bidang usaha menjadi lebih luas dan kemungkinan mendapat konsumen akan lebih besar. RG Metal beranggotakan dosen-dosen Prodi Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Sebelas Maret Surakarta antara lain adalah Triyono, Eko Surojo, Nurul Muhayat, Teguh Triyono dan Sukmaji Indro Cahyono.

RG Metals Mengabdi

Langkah-langkah tim PKM RG Metal Prodi Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Sebelas Maret Surakarta adalah sebagai berikut: (1) memberi pelatihan dan pendampingan konsep desain dan percetakan, (2) merancang bangun alat-alat cetak selain alat sablon kaos (sablon lengan kaos, sablon mug dan gelas, sablon payung), (3) memberi bantuan fasilitas desain grafis, (4) merancangkan iklan, materi dan media promosi. Hasil pelaksanaan PKM ini mampu meningkatkan sustainability (keberlangsungan) Ihrish creative studio dengan tambahan keuntungan finansial. Hal ini ditunjukkan oleh rata-rata nilai omset pada 2 bulan setelah selesainya program ini yang meningkat 25% dari 2 bulan sebelumnya. Dengan stabilnya usaha ini, keuntungan sosial yang diperoleh adalah pemilik Ihrish creative studio yang awalnya anak jalanan akan istiqomah/tetap pendiriannya untuk tetap melakukan usaha ekonomi yang layak. Selain itu, jika Ihrish creative studio menjadi perusahaan besar, pemiliknya dapat menjadi teladan bagi anak-anak jalanan yang lain atau dapat memberi lowongan pekerjaan bagi teman-teman anak jalanan.

Dampak dari kegiatan PKM UNS ini baru bisa dievaluasi selama 2 bulan terakhir yaitu bulan April dan Mei tahun 2024. Perbandingan omset penjualan Ihrish creative studio sebeluam dan sesudah serah terima alat dan pelatihan ditunjukkan oleh Gambar 6. Rata-rata omset Ihrish creative studio sebelum serah terima alat dan pelatihan yaitu pada bulan Januari-Maret 2024 adalah sekitar 16 juta rupiah. Rata-rata omset Ihrish creative studio setelah serah terima alat dan pelatihan yaitu pada bulan April-Mei 2024 adalah sekitar 20 juta rupiah. Hal ini menunjukkan bahwa pada awal kegiatan ini, omset Ihrish creative studio naik sekitar 25%. Kenaikan omset ini terutama didapatkan dari penjualan gelas plastic atau cup untuk es teh yang memang saat ini sedang marak dan ada di mana-mana dengan berbagai merk. Dua bulan terakhir (April dan Mei) setelah mendapat alat sablon cup, Ihrish creative studio menerima order 2500 cup setiap bulannya. Harga satuan cup tersebut adalah 420 rupiah, sehingga Ihrish creative studio mendapat tambahan pendapatan dari sablon cup ini sekitar Rp.10.000.000,- (sepuluh juta rupiah) setiap bulannya.

Ucapan Terima Kasih

Terimakasih diucapkan kepada Universitas Sebelas Maret Surakarta yang telah memberi dukungan dana pengabdian ini melalui hibah Program Kemitraan Masyarakat Hubah Grup Riset (PKM-HGR) UNS tahun anggaran 2024 dengan kontrak Nomor 195.1/UN27.22/PT.01.03/2024.

Jika ingin melihat full teks dan gambar dapat klik ini.

Close Menu