PRESS RELEASE – SOSIALISASI PEMINATAN S1-TEKNIK MESIN 2021

PRESS RELEASE – SOSIALISASI PEMINATAN S1-TEKNIK MESIN 2021

Surakarta, 24 Juni 2021 – Program Studi S1-Teknik Mesin Universitas Sebelas Maret (UNS) mengadakan sosialisasi peminatan yang dilaksanakan secara online melalui aplikasi Zoom. Pada sosialisasi peminatan ini banyak dihadiri oleh mahasiswa S1-Teknik Mesin UNS dari angkatan 2019-2020. Pembicara pada acara sosialisasi peminatan kali ini diisi oleh Singgih Dwi Praseto sebagai pembicara bidang konversi energi, Ardhan Prasetyo  sebagai pembicara pada bidang desain, Rikza Alfanahel G sebagai pembicara pada bidang manufaktur, dan Bambang Aryo Seto sebagai pembicara bidang material.

            Sosialisasi peminatan pada kali ini dilakukan secara online melalui Zoom. Hal tersebut dikarenakan adanya pandemi Covid-19 yang mengakibatkan pertemuan tatap muka secara langsung sangat tidak dimungkinkan dan guna menaati protocol yang berlaku serta menekan angka penyebaran Covid-19 maka acara diaksanakan secara virtual. Pada sosialisasi peminatan ini, para pembicara memaparkan materi dan sharing mengenai peminatan yang diambil oleh masing-masing pembicara.

            Pada sosialisasi ini, para pembicara menceritakan hal-hal yang terkait peminatan yang telah diambil oleh pembicara tersebut. Pada konversi energy dijelaskan bahwa energi adalah kemampuan untuk melakukan kerja. Pada energi dibagi menjadi dua yaitu energi terbarukan dan energi takterbarukan. Setelah konversi energy ada penjelasan tentang peminatan desain, dalam desain ada tiga inti dari desain pertama perancangan, kedua analisis, dan ketiga manufaktur. Dalam desain diperlukan analisis sehigga bukan asal rancang dalam desain ini tiga inti tadi saling berkaitan. Selain desain dan koversi energi pada sosialisasi peminatan kali ini dijeakan juga tentang peminatan manufaktur, disampaikan materi bahwa peminatan manufaktur jarang ada yang mengambil secara murni manufaktur tetapi kebanyakan hanya untuk pendukung. Materi terahkir seputar peminatan material, pada peminatan material disampaikan bahwa peminatan material umumnya bertujuan untuk mengetahui karakteristik dari suatu material atau bahan. Peminatan material biasannya menenggunakan laboratorium material.

Tema yang digunakan pada tugas akhir dapat dari inisiatif sendiri, atau pun dari dosen. Namun para pembicara menyarankan agar dapat dari inisiati sendiri, sehingga nantinya tahu akan kemana tetapi banyak yang mengambil dari dosen dikarenakan lebih mudah dalam pengerjaannya terutama jika mengikuti proyek-proyek yang diadakan dosen. Peminatan yang akan diambil dapat dipikirkan sekarang setelah sosialisasi peminatan ini, karena sudah mengetahui susah senangnya pada peminatan yang akan diambil juga peserta juga sudah mengetahui gambaran seperti apa pada setiap peminatan yang akan mereka ambil kedepannya sehinggga tidak samar-samar lagi.

Close Menu