Pembuatan Wahana Rope Climbing Rides pada Taman Wisata Mekarsari di Desa Kaligentong Kabupaten Boyolali untuk Meningkatkan Potensi Wisata dan Membangun Kepercayaan Diri Anak

Pembuatan Wahana Rope Climbing Rides pada Taman Wisata Mekarsari di Desa Kaligentong Kabupaten Boyolali untuk Meningkatkan Potensi Wisata dan Membangun Kepercayaan Diri Anak

Boyolali, 7 Juli 2023-Pengabdian Masyarakat di Taman Mekarsari yang terletak di Desa Kaligentong Kecamatan Gladagsari Kabupaten Boyolali Provinsi Jawa Tengah dilakukan oleh tim grup riset Struktur dan Fungsional Material Program Studi Teknik Mesin Universitas Sebelas Maret. Pengabdian ini dilakukan dengan pembuatan wahana taman bermain berupa rintang panjat tali yang diterapkan di Taman Mekarsari. Wahana ini merupakan sebuah halang rintang dimana anak-anak diharuskan memanjat tali dengan beberapa rintangan dalam perjalanannyua. Malalui wahana ini diharapkan dapat meningkatkan kepercayaan diri dan ketangkasan anak-anak dalam menghadapi rintangan.

Pihak pengelola Taman Mekarsari sangat berterimakasih kepada tim pengabdi, karena wahana berupa rintang panjat tali dapat mengisi ruang kosong terbuka yang dapat dimanfaatkan sebagai tempat bermain dan belajar anak-anak. Hal itu mendukung tiga fungsi taman mekarsari yaitu fungsi pemeliharaan kelestarian sungai dan lingkungan, fungsi kawasan rekreasi bagi warga masyarakat dan sarana edukasi, dan fungsi sarana bisnis kuliner dan pemasaran hasil-hasil UMKM.

Harapan tim pengabdi yaitu menunjukkan bahwa mata kuliah di teknik mesin ini ternyata sangat aplikatif untuk menyelesaikan persoalan-persoalan yang ada di masyarakat sebagai contoh pembuatan taman bermain anak anak. Aplikasi dilakukan dengan rancang bangun dengan perhitungan yang matang sehingga wahana bisa dipasang di outdoor pada lahan yang cukup dan setelah di uji coba bisa berfungsi dengan baik. Mudah-mudahan pengabdian dari program studi teknik mesin Universitas Sebelas Maret ini bisa membawa kemaslahatan dan kemakmuran masyarakat yang berkunjung di Taman Mekarsari pada umumnya.

Close Menu