Fabrikasi Hand Swing Rides pada Taman Wisata Mekarsari di Desa Kaligentong Kabupaten Boyolali untuk Meningkatkan Potensi Wisata dan Mengembangkan Kemampuan Motorik Anak

Fabrikasi Hand Swing Rides pada Taman Wisata Mekarsari di Desa Kaligentong Kabupaten Boyolali untuk Meningkatkan Potensi Wisata dan Mengembangkan Kemampuan Motorik Anak

Boyolali, 7 Juli 2023-Grup riset Sustainable Thermofluids. Sebelumnya Program Studi Teknik Mesin Universitas Sebelas Maret melalui Dosen dan Mahasiswa melakukan Pengabdian Masyarakat di Taman Mekarsari. Taman Mekarsari yang terletak di Desa Kaligentong Kecamatan Gladagsari Kabupaten Boyolali Provinsi Jawa Tengah merupakan salah satu bentuk revitalisasi bekas tempat pembuangan sampah rumah tangga masyarakat. Pengabdian melakukan pemanfaatan ruang kosong terbuka menjadi tempat bermain dan belajar anak-anak.

Dapat diketahui bahwa bermain di taman dapat menumbuh kembangkan anak, diantaranya adalah belajar dan melatih ketangkasan anak sejak dini. Pengabdian Masyarakat melakukan pembuatan wahana bermain pada taman Mekarsari berupa ayunan tangan. Ayunan tangan merupakan wahana yang difungsikan sebagai media permainan anak-anak yang diharapkan dapat mengembangkan kemampuan motorik yang dimilikinya. Pembuatan wahana dilakukan dengan memperhatikan aspek material dan immaterial.

Harapan Pengabdian Masyarakat yang dilakukan untuk menambah wahana taman sehingga anak anak dapat Bahagia. Selain itu, wahana ini dapat menambah fungsi fungsi taman mekarsari yaitu fungsi pemeliharaan kelestarian sungai dan lingkungan, fungsi kawasan rekreasi bagi warga masyarakat dan sarana edukasi, dan fungsi sarana bisnis kuliner dan pemasaran hasil-hasil UMKM. Hasil pengabdian menunjukkan bahwa pelajaran yang ada di teknik mesin ini ternyata sangat aplikatif untuk menyelesaikan persoalan-persoalan yang ada di masyarakat. mudah-mudahan pengabdian kami dari program studi teknik mesin ini bisa membawa kemaslahatan dan kemakmuran masyarakat yang berkunjung di Taman Mekarsari pada umumnya.

Close Menu