PRESS RELEASE KULIAH TAMU S1- TEKNIK MESIN 2021 THE COMPETENCE NEEDED TO DEMANS OF WORK

Surakarta, 22 Juli 2021 Prodi S1 – Teknik Mesin (UNS) mengadakan kegiatan rutin dari Divisi Akademis KMTM UNS 2020 yaitu Kuliah Tamu yang di laksanakan secara online melalui zoom. Untuk saat ini tema yang dibawakan pada Kuliah Tamu ini adalah “The Competence Needed to Face The Demans Of Work”. Pada Kuliah Tamu ini di hadiri oleh para mahasiswa dari jurusan S1-Teknik Mesin Universitas Sebelas Maret dari seluruh angkatan, Ketua Himpunan dari Keluarga Mahasiswa Teknik Mesin (KMTM) UNS sendiri yaitu Mas Farrel Zahid Ibrahim, dan juga di hadiri oleh Kaprodi S1-Teknik Mesin (UNS), yaitu Dr. Eko Surojo S.T., M.T. Pembicara pada kuliah tamu ini yaitu : Bapak Detalana Nugroho, S.T sebagai Production Departement Head pada perusahaan PT. Astra Daihatsu Motor. Bapak Detalana Nugroho ini adalah lulusan dari Universitas Sebelas Maret jurusan S1-Teknik Mesin, beliau lulus pada tahun 2008. Karir beliau di PT. Astra Daihatsu Motor dimulai dari tahun 2008 sampai sekarang sebagai Staff Engineering (2008-2014), lalu Section Head Eng (2015-2017), Project Leader (2018-2020), Production Section Head (2020-2021), dan beliau sekarang sebagai Production Department Head.

PT. ADM Casting Plant adalah perusahaan manufaktur yang memproduksi komponen mesin yang digunakan pada mobil-mobil jenis Toyota dan Daihatsu. Pada kuliah tamu kali ini kita diajarkan bagaimana cara dan proses merakit mobil Toyota dan Daihatsu yang dimulai dari stamping, welding, painting, car assy, atau juga bisa melalui proses casting, machining, engine assy, dan car assy. Kompetensi yang harus kita siapkan untuk menghadapi tuntutan kerja terdiri dari beberapa, seperti : Knowledge (overt behaviour) , Skill (Basic literacy skill, technical skill, interpersonal skill, and problem solving) , dan Attitude (happiness, discipline, spirit, hornest, and positive thingking). Lalu untuk kompetensi yang harus dimiliki oleh para pegawai dari PT. Astra Daihatsu Motor yaitu : 1). Kompetisi teknis terdiri dari (Mechanical, Electrical, Mechatronics, Fundamental Physical, QCC, dan 5S & safety); 2). Kompetisi leadership terdiri dari (Team work, Analysis Judgment, Interpersonal skill, Leading and motivatition, Planning and Driving action, dan Drive and Courage); 3). Kompetisi function terdiri dari (Oil and gas, Minning, Manufacture, Automotive, Casting, Structure, Agriculture, Power Plant, Services).

Adapun pesan yang disampaikan beliau kepada kita yaitu sebagai generasi muda kita harus memiliki pengalaman yang sebanyak-banyaknya. Kita tidak harus memahami mengenai teorinya saja tetapi kita juga harus belajar untuk menyelesaikan masalah di lapangan. Selain itu beliau mengajarkan kepada kita untuk kedepannya kita dapat untuk menyelesaikan suatu masalah yang rumit dengan menggunakan rumus atau teori yang sederhana saja. Dengan cara menemukan dasar-dasarnya lalu kita sering untuk melalkukan penelitian di lapangan. Jika sudah maka kita dapat mengembangkan pemikiran kita untuk yang lebih luas lagi.

Close Menu