Pelatihan Proses Gas Metal Arc Welding (GMAW) untuk Bengkel Las Solo Raya

Latar Belakang

Jumlah bengkel las di Solo raya sangat banyak namun ragam produk yang mereka tawarkan adalah hampir sama, yaitu produk-produk yang berkaitan dengan rumah tangga seperti pagar, kanopi dan trails jendela. Produk-produk ini dipasarkan dalam bentuk pesanan, sehingga kontinyuitas produk dari waktu ke waktu tidak stabil kadang pesanan sangat banyak, kadang sepi. Program inovasi produk dan inovasi metode pemasaran merupakan hal yang sangat penting agar dapat meningkatkan keberlangsungan bengkel-bengkel las tersebut. Produk yang sederhana namun menjadi kebutuhan yang rutin bagi kantor, kampus dan sekolah adalah furniture metal. Agar bisa masuk dalam bursa barang kantor, furniture hasil bengkel las perlu ditngkatkan kualitasnya dengan penggunaan mesin las yang lebih canggih. Sehingga bengkel las perlu mendapat pelatihan penggunaan mesin las yang lebih canggih yaitu Gas Metal Arc Welding (GMAW).

Pelaksanaan Pengabdian

Untuk memfasilitasi juru las memahami Teknik pengelasan dengan Gas Metal Arc Welding (GMAW), maka Tim pengabdian Prodi Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Sebelas Maret Surakarta yang diketuai oleh Triyono dengan anggota Eko Surojo dan Nurul Muhayat bekerja sama dengan 2 (dua) mitra yaitu Bengkel Las Sumber Rejeki Dusun Sawahan dan Takmir Masjid Fatimah Ar-Royyan melaksanakan Program Kemitraan Masyarakat (PKM). Pelaksanaan PKM meliputi 2 tahap. Tahap I adalah pelatihan pemilik dan pekerja bengkel las untuk penggunaan mesin GMAW. Tim PKM UNS akan menjadi nara sumber dalam pelatihan ini. Tahap II adalah proyek bersama membuat furniture meja kursi yang dirancang sebagai sampel produk kegiatan pelatihan ini akan disumbangkan ke TPA masjid Fatimah Ar-Royyan Jongkang. Dengan pelaksanaan PKM ini, pemilik dan pekerja Bengkel Las Sumber Rejeki dan bengkel las sekitarnya mempunyai pengetahuan tentang mendesain struktur dan memproduksi furniture kantor dengan mesin GMAW serta memasarkannya.

Untuk meningkatkan kebermanfaatan PKM ini, peserta Pelatihan las MIG dibuka untuk umum namun dibatasi hanya 8 peserta mengingat kapasitas laboratorium dan mesin las MIG yang tersedia. Data delapan peserta adalah sebagai berikut:

Nama

Alamat

Bengkel Las

Putut Sutrisno

Jl. Simo-Klego, Gumuk Rejo RT 6, Kedunglengkong, Simo, Boyolali

Madu Makmur

Heri Saputro

Sentono,Tawangsari, Kerjo, Karanganyar

bengkel las Parji

Parji

Sinto, Kel. Botok, Kec. Kerjo, Kab. Karanganyar, Prov. Jawa Tengah

bengkel las Parji

Maryono

Perum Forgata 1 Blok C05 Rt 04 Rw 17 Bejen, Karanganyar

Nanang Jaya Steel

Didik kurniawan

Ngadirejo rt 03, mojokerto, kedawung, sragen

Anugrah mandiri 21

Jhony Bachtiar

Sentono rt03, rw07 tawangsari kerjo karanganyar

bengkel las Parji

Dimas Surya Pratama

Ngadirejo rt03, mojokerto, kedawung, sragen

Anugrah mandiri 21

Adib Sandy Fadhilah

Sawahan, Jaten, Karanganyar

Sumber Rejeki

Pelatihan las GMAW ini dilakukan di laboratorium Pengecoran dan Pengelasan Prodi Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Sebelas Maret Surakarta. Laboratorium ini mempunyai dua (2) mesin las GMAW dan workshop pengelasan yang cukup baik dan memperhatikan keselamatan dan kesehatan kerja.

Materi pelatihan las GMAW ini antara lain adalah:

  1. Teori dan praktek keselamatan dan kesehatan kerja yang meliputi penggunaan alat pelindung diri, pengenalan alat pemadam kebakaran dan tindakan-tindakan emergency yang mungkin terjadi di lingkungan kerja.
  2. Teori material metal dan perilakunya selama proses pengelasan. Materi ini meliputi jenis-jenis baja, pengaruh panas pengelasan terhadap perubahan sifat-sifat baja, baian-bagian sambungan las yang dapat terbentuk selama proses pengelasan dan Tindakan-tindakan metalurgi yang menguntungkan dan merugikan sifat-sifat baja.
  3. Teori dan praktek pengelasan GMAW yang meliputi bagian-bagian mesin las GMAW, parameter pengelasan, mekanisme kerja mesin las GMAW dan cara mengoperasikan mesin las GMAW. Praktek mesin las dimulai dengan membuat alur las untuk melatih rasa pengelasan pada tangan. Gambar-gambar berikut adalah hasil-hasil praktek pengelasan.
  4. Praktek pengerjaan proyek pengelasan GMAW dengan membuat meja kantor. Peserta disediakan bahan habis pakai (BHP) dan gambar Teknik. Kegiatan ini dimulai dari pemahaman desain, merencakan bahan, setting, proses pengelasan, proses gerinda dan terakhir adalah proses pengecatan.

Ucapan Terima Kasih

Terimakasih kepada Universitas Sebelas Maret Surakarta yang telah mendukung pendanaan melalui Program Kemitraan Masyarakat dengan nomer kontrak 195.1/UN27.22/PT.01.03/2024.

Jika ingin melihat full teks dan gambar dapat klik ini.

Close Menu