PRESS RELEASE- WEBINAR PELATIHAN KEPENULISAN S1- TEKNIK MESIN 2021

Surakarta, 6 November Prodi S1 – Teknik Mesin (UNS) mengadakan kegiatan rutin dari Divisi Akademis KMTM UNS 2020 yaitu Webinar Pelatihan Kepenulisan di laksanakan secara online melalui zoom. Pada Webinar Pelatihan Kepenulisan ini di hadiri oleh para mahasiswa dari jurusan S1-Teknik Mesin Universitas Sebelas Maret dari seluruh angkatan, Sekretaris Jendral dari Keluarga Mahasiswa Teknik Mesin (KMTM) UNS sendiri yaitu Mas Geraldy Rivan Pratama, dan juga di hadiri oleh Kaprodi S1-Teknik Mesin (UNS), yaitu Dr. Eko Surojo S.T., M.T. Pembicara pada Webinar Pelatihan Kepenulisan ini adalah dosen dari S1-Teknik Mesin (UNS), yaitu Prof.Tech.Suyitno, S.T., M.t., dan dosesn dari S1-Teknik Elektro (UNS) yaitu Prof. Ir. Muhammad Nizam, S.T., M.T., Ph.D., IPM.

Tujuan diadakannya pelatihan kepenulisan ini adalah untuk memberikan informasi kepada mahasiswa-mahasiswi yang mengikuti pelatihan ini agar kedepannya dapat lebih mudah dalam hal kepenulisan ilmiah. Pelatihan ini juga sangat penting dilakukan karena akan berguna bagi mereka untuk kedepannya untuk menghadapi skripsi mereka. Adapun materi-materi yang di sampaikan ketika pelatihan kepenulisan seperti : Cara-cara yang dapat kita gunakan jika ingin menuangkan gagasan kita kedalam esay, antara lain yaitu : 1. Tulislah kata-kata kunci yang nantinya akan dimasukkan ke dalam judul; 2. Lakukan brainstorming topik-topik hal ini dilakukan agar idenya focus; 3. Siapkan juga untuk outline tulisan. Teknis Meringkas Artikel Dari Jurnal : 1. Tulis gagasan atau pendapat pribadi mengenai jurnal; 2. Tuliskan kesimpulan dari hasil review, bisa berupa pemahaman juga pendapat secara garis besar mengenai isi artikel jurnal yang nantinya akan direview; 3. Periksa similaritas dan minta orang lain untuk membaca. Langkah-langkah menghindari plagiarisme penulisan : 1. Copy paste kalimat dari makalah atau artikel orang lain yang akan diambil idenya; 2. Terjemahkan kalimat tersebut dengan mesin Translate ke dalam Bahasa Indonesia; 3. Perbaiki bahasa Indonesia yang dihasilkan ke kalimat yang sedikit berbeda tetapi maknanya sama; 4. Gunakan lagi mesin Translate untuk menerjemahkan balik kalimat baru; 5. Pada bagian Introduction usahakan merujuk makalah yang terbit di jurnal yang sangat bereputasi di bidang anda, terbaru.

Pesan yang terakhir yang di sampaikan oleh Narasumber 1 adalah proses menulis atau baik buruknya hasil tulisan kit aitu tergantung dengan jam terbang kita atau artinya semakin kita sering melatih atau membuat tulisan maka hasil tulisan kita akan semakin bagus, dan alurnya akan semakin jelas. Sedangkan pesan terakhir yang di sampaikan oleh Narasumber ke 2 yaitu apabila kita ingin membuat suatu karya tulis atau karya keilmiahan yang juga bersumber dari orang lain kita harus pintar-pintar untuk melakukan parafase agar hasil yang kita dapatkan seperti hasil kita sendiri, dan tidak terlihat seperti kopian, dan semua data yang berasal dari orang lain harus di sertakan sumbernya

Close Menu