RG Teknik dan Pemrosesan Material Non Logam Prodi Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Sebelas Maret Surakarta menyelenggarakan Workshop Digital Marketing untuk Santri Pondok Pesantren Wirausaha

Sekilas Pandang

RG Teknologi dan Pemrosesan Material Non Logam Prodi Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Sebelas Maret Surakarta yang diketuai oleh Dr. Wijang Wisnu Raharjo dengan anggota Prof. Kuncoro Diharjo, Prof. Dody Ariawan, Dr. Wahyu Purwo Raharjo, Dr. Bambang Kusharjanta bekerja sama dengan Yayasan Usaha Umat Karanganyar (YUUK) menyelenggarakan Workshop Digital Marketing. Yayasan Usaha Umat Karanganyar (YUUK) adalah yayasan sosial dan pendidikan informal yang berlokasi di dusun Jongkang, Tasikmadu, Karanganyar. Yayasan ini mempunyai unit pendidikan informal yang diberi nama Pondok Pesantren Wirausaha. Pondok Pesantren ini hanya menampung 8 santri yang diutamakan dari keluarga tidak mampu dan putus sekolah.

Pelaksanaan Workshop

Materi kewirausahaan di Pondok Pesantren ini adalah desain grafis dan sablon kaos. Santri-santri dididik keterampilan tersebut dan tinggal di asrama selama 1 tahun tanpa dipungut biaya (gratis). Seperti namanya, santri di Pondok Wirausaha ini belajar teori dan praktek agar mampu mandiri berwirausaha dengan mengimplementasikan konsep teaching factory. Hasil pembelajaran praktek berupa kaos, MMT dan produk-produk sablon belum bisa terpasarkan dengan baik karena pemasarannya masih menggunakan cara-cara biasa. Untuk itu, santri pada Pondok Pesantren Wirausaha ini perlu dikenalkan pemasaran digital (digital marketing) melalui kegiatan workshop 5 hari dengan langkah-langkah sebagai berikut: (1) memberi pengertian konsep digital marketing, (2) memberi materi digital marketing dengan nara sumber yang berpengalaman dalam digial marketing, (3) pendampingan dalam pembuatan akun dan memasarkan produk melalui akun tersebut, (4) penetapan target capaian pemasaran 3 bulan dan evaluasi. Hasil workshop mampu meningkatkan sustainability (keberlangsungan) Pondok Pesantren karena dengan implementasi digital marketing, santri-santri bisa menjual hasil karya sablonnya ke ruang digital tanpa batas sehingga meningkatkan potensi penjualan yang lebih besar dan keuntungan finansial yang lebih besar. Dengan keuntungan finansial ini, Pondok Pesantren Wirausaha Yayasan Usaha Umat Karanganyar bisa tetap gratis dan bisa meningkatkan kapasitas santrinya sehingga semakin banyak pemuda-pemuda putus sekolah dan dari keluarga tidak mampu bisa menimba ilmu keterampilan dan kewirausahaan.

Untuk berkontribusi dalam pengembangan Pondok Wirausaha YUUK, tim pengabdi RG Teknologi dan Pemrosesan Material Non Logam Prodi Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Sebelas Maret Surakarta melaksanakan kegiatan Program Kemitraan Masyarakat Hibah Group Riset-UNS (PKM HGR-UNS). Kegiatan Pengabdian ini dilaksanakan dengan metode sosialisasi/ penyuluhan, diskusi, simulasi, dan penerapan. Adapun tahapan pelaksanaan kegiatan PKM sebagai berikut:

  • Penentuan kebutuhan pelatihan, pada tahap ini tim PKM melalukan pre test kepada santri Pondok Pesantren Wirausaha YUUK untuk melihat tingkat pemahaman santri terkait dengan digital marketing.
  • Mendesain program workshop, pada tahap ini tim PKM melakukan perancangan mengenai teknis pelaksanaan kegiatan PKM tersebut. Sehingga, teknik pelaksanaan dapat secara efektif dan efisien untuk membantu Pondok Pesantren Wirausaha YUUK.
  • Evaluasi efektivitas program, pada tahap ini tim PKM melakukan post test kepada santri untuk mengetahui tingkat pemahaman materi yang sudah dijelaskan oleh tim pengabdi.
  • Pendampingan keberlanjutan, Pada tahap ini tim PKM, akan melakukan pendampingan kepada mitra, walaupun kegiatan PKM ini telah berakhir. Hal ini dilakukan agar untuk mendampingi santri Pondok Pesantren Wirausaha YUUK untuk berwirausaha. Dalam pendampingan ini, tim PKM akan kembali ke Pondok Pesantren Wirausaha YUUK setelah 3 bulan workshop untuk monitoring dan evaluasi serta memantau kemajuan hasil penjualan kaos oleh santri Pondok Pesantren Wirausaha YUUK. Setelah membuat monitoring dan evaluasi ini, analisis masalah dan solusi dibuat untuk memberi saran dan masukan.

 

Dalam Pelatihan Penjualan, tim PKM bekerja sama dengan Bapak Siswandi pemilik berbagai bisnis digital untuk memberikan pelatihan kepada santri mengenai teknik penjualan yang efektif. Gambar-gambar menunjukkan aktifitas kegiatan Pelatihan Digital Marketing yang diselenggarakan oleh tim PKM RG Teknologi dan Pemrosesan Material Non Logam Prodi Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Beberapa aspek yang akan diajarkan meliputi:

  1. Cara Berkomunikasi dengan Calon Konsumen: Mengajarkan santri bagaimana membangun hubungan yang baik dengan calon konsumen melalui komunikasi yang efektif. Ini termasuk keterampilan mendengarkan aktif, menyesuaikan gaya komunikasi dengan kebutuhan konsumen, dan membangun kepercayaan.
  2. Teknik Persuasi: Memberikan pengetahuan tentang teknik-teknik persuasi yang bisa digunakan untuk meyakinkan konsumen agar membeli produk. Ini termasuk memahami psikologi konsumen, menggunakan teknik penjualan seperti storytelling, dan memberikan demonstrasi produk yang menarik.
  3. Manajemen Hubungan Pelanggan: Mengajarkan pentingnya menjaga hubungan baik dengan pelanggan setelah penjualan terjadi. Ini bisa mencakup layanan purna jual, menangani keluhan pelanggan dengan baik, dan membangun loyalitas pelanggan melalui program penghargaan atau diskon khusus.

Ucapan Terima Kasih

Terimakasih diucapkan kepada Universitas Sebelas Maret Surakarta yang telah memberi dukungan dana pengabdian ini melalui hibah Program Kemitraan Masyarakat Hubah Grup Riset (PKM-HGR) UNS tahun anggaran 2024 dengan kontrak Nomor 195.1/UN27.22/PT.01.03/2024

Jika ingin melihat full teks dan gambar dapat klik ini.

Close Menu