Pembuatan Alat Rintang Bola pada Taman Wisata Mekarsari di Desa Kaligentong Kabupaten Boyolali untuk Meningkatkan Potensi Wisata dan Membentuk Ketangkasan Anak

Pembuatan Alat Rintang Bola pada Taman Wisata Mekarsari di Desa Kaligentong Kabupaten Boyolali untuk Meningkatkan Potensi Wisata dan Membentuk Ketangkasan Anak

Boyolali, 7 Juli 2023-Telah dilakukan Pengabdian Masyarakat oleh Dosen dan Mahasiswa yang tergabung dalam grup riset Teknologi Manufaktur dan Otomasi Program Studi Teknik Mesin Universitas Sebelas Maret. Pengabdian dilakukan di Taman Mekarsari yang terletak di Desa Kaligentong Kecamatan Gladagsari Kabupaten Boyolali Provinsi Jawa Tengah. Taman ini memiliki tiga fungsi yaitu fungsi pemeliharaan kelestarian sungai dan lingkungan, fungsi kawasan rekreasi bagi warga masyarakat dan sarana edukasi, dan fungsi sarana bisnis kuliner dan pemasaran hasil-hasil UMKM. Akan tetapi dalam perkembangannya, masih terdapat ruang kosong terbuka yang dapat dimanfaatkan sebagai tempat bermain dan belajar anak-anak.

Dari permasalah tersebut pengabdi melakukan pembuatan wahana pada taman Mekarsari berupa rintang bola. Wahana ini didesain seperti ring basket dengan harapan mampu meningkatkan kerja sama dari anak-anak yang bermain. Malalui kerjasama ini diharapkan dapat terbentuk sifat saling percaya dalam diri anak-anak yang masih dalam masa perkembangan. Pembuatan wahana dilakukan dengan memperhatikan aspek material dan immaterial yang merupakan salah satu aplikatif dari mata kuliah yang ada di Teknik Mesin.

Besar harapan pengabdi agar wahana menjadi tempat bermain yang dapat menumbuh kembangkan anak, diantaranya adalah belajar dan melatih ketangkasan anak sejak dini. Wahana telah dilakukan pengecekan dan setelah kita uji coba bisa berfungsi dengan baik. Mudah-mudahan pengabdian kami dari program studi teknik mesin ini bisa membawa kemaslahatan dan kemakmuran masyarakat yang berkunjung di Taman Mekarsari pada umumnya.

Close Menu