Press Release Pelatihan PKM S1- Teknik Mesin 2020

Press Release Pelatihan PKM S1- Teknik Mesin 2020

Surakarta, 10 November 2020  Prodi S1 – Teknik (UNS) mengadakan suatu pelatihan PKM yang di laksanakan secara online. Pelatihan PKM ini di hadiri oleh para mahasiswa baik yang berasal dari Universitas Sebelas Maret, atau Universitas yang berasal dari luar UNS. Pelatihan PKM ini merupakan salah satu rangkaian dari kegiatan “Pekan Teknologi dan Keilmuan”. Pembicara pada pelatihan kepenulisan kali bernama Khikmah Nur Rikhy S beliau sekarang masih berkuliah di Universitas Sebelas Maret jurusan S1-Teknik Kimia. Adapun prestasi yang sudah beliau dapatkan adalah menjadi “2nd Place For Poster Presentatiom and Product Display On PIMNAS 2019. Judul PKM yang beliau usulkan adalah “Mutual Comand (Modifikasi Struktur – Fungsioanl LiNixMnyCoz.O2 Sebagai Katoda Baterai Li-Ion Mobil Listrik”.

Pada latihan PKM ini berbeda dengan biasannya. Hal ini di sebabkan karena masih dalam situasi Pandemi Covid 19, maka latihan PKM kali ini di laksanakan secara online melalui via Zoom. Partisipan pada latihan PKM ini berjumlah 84 partisipan. Pada latihan PKM kali ini beliau memberikan materi mengenai dasar-dasar apa saja yang harus dipahami dan dimiliki oleh para mahasiswa agar dapat membuat suatu PKM dengan baik dan benar dan beliau juga memberikan tips&trik bagaimana agar PKM kita bisa lolos, dan menjadi salah satu juara di PIMNAS. Adapun manfaat mengikuti PKM, yaitu : Mengasah Kreativitas, Kemampuan menulis meningkat, Menuangkan ide., Mendapatkan pengalaman baru, Mendapatkan kenalan atau koneksi, Kemampuan komunikasi dan kerjasama tim baik. Macam-macam PKM ada dua, yaitu : 1. PKM 5 Bidang, yang terdiri dari (Pengabdian Masyarakat (PKM – M), Karsa Cipta (PKM – KC), Teknologi (PKM-T), Penelitian (PKM-P) : Eksakta (PKM-PE), dan Sosial Humaniora (PKM-SH), Kewirausahan (PKM-K). Lalu jenis PKM yang kedua adalah : PKM AI GT yang terdiri dari (Artikel Ilmiah, dan Gagasan Tertulis). Kunci untuk menentukan PKM : Harus mengetahui ide, dan harus tahu nantinya ide yang kita inginkan akan dibawa kemana. Struktur PKM : Judul Program, Latar Belakang Masalah Perumusan Masalah, Tujuan Program, Luaran yang Diharapkan, Kegunaan, Tinjauan , PustakaMetode Pelaksanaan, Jadwal Kegiatan, Rancangan Biaya, Daftar Pustaka, dan Lampiran.

Adapun pesan yang disampaikan beliau kepada kita generasi muda adalah “Agar diusai muda kita kita bisa produktif salah satu caranya adalah mengikuti PKM ini. Jangan takut untuk tidak menemukan suatu ide, untuk menemukan suatu ide kita harus meningkatkan kepekaan kita terhadap masalah-masalah apa saja yang terjadi di lingkungan kita, dan kita bisa mengangkat suatu ide dari hal-hal yang sederhana. Beliau juga berpesan kepada kita untuk selalu minta doa restu kepada orang tua kita, dan juga jangan lupa kepada Allah SWT untuk selalu berdoa dan berserah diri kepada beliau” (Ujar Khikmah Nur Rikhy S, Surakarta 10 November 2020).

Close Menu