Alat Fitness Outdoor untuk Meningkatkan Potensi Wisata dan Kesehatan Masyarakat

Alat Fitness Outdoor untuk Meningkatkan Potensi Wisata dan Kesehatan Masyarakat

Sebagai bentuk Tri Dharma Perguruan Tinggi, Dosen Prodi Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Sebelas Maret melaksanakan kegiatan Pengabdian Masyarakat yang dilaksanakan di Desa Karangasem, Kecamatan Bulu, Sukoharjo. Kegiatan sudah dilaksanakan dengan memberikan stimulus investasi berupa alat fitness outdoor.

Pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk membantu pengembangan potensi pariwisata Gunung Pegat di Desa Karangasem. Wisata Gunung Pegat merupakan lokasi pariwisata baru yang sedang dikembangkan pemerintah daerah. Pemerintah daerah berkeinginan mengembangkan tempat wisata yang terintegrasi dengan sarana olahraga yang memadai. Dengan adanya sarana olahraga yang memadai dapat digunakan sebagai daya tarik wisatawan dan juga sebagai sarana sosialisasi kesehatan kepada masyarakat. Sehingga diharapkan masyarakat sadar untuk giat dalam melakukan aktivitas fisik demi menjaga kebugaran badan.

Untuk membantu pengembangan potensi wisata di Gunung Pegat tersebut, dosen dan mahasiswa yang tergabung dalam Riset Grup di Program Studi Teknik Mesin Fakultas Teknik UNS melakukan rancang bangun alat fitness outdoor yang diantaranya adalah Elliptical Trainer, Body Press, Body Twist, dan Pull Down. Alat-alat fitness outdoor tersebut telah didesain untuk bisa dipakai oleh segala jenis kalangan masyarakat termasuk penyandang disabilitas.

“Pembuatan rancang bangun alat ini merupakan penerapan dari materi mata kuliah yang telah didapatkan di Teknik Mesin UNS, daiantaranya yaitu Menggambar Mesin, Proses Produksi, Pemilihan Bahan dan Proses, Elemen Mesin, Teknik Pengelasan, Perancangan Rekayasa, dan lainnya. Diharapkan dari kegiatan ini dapat mengaplikasikan teori-teori diperoleh di kampus untuk diterapkan dalam pembuatan produk yang dibutuhkan oleh masyarakat luas.” – Zainal Arifin. Perancangan dilakukan dengan menerapkan standar keamanan dan juga sudah sesuai dengan kondisi penempatan peralatan yang di outdoor.

Konstruksi alat

Pengabdian dilakukan melalui beberapa tahapan, diantaranya proses identifikasi tempat, desain alat, analisa alat, penyiapan material, proses produksi, pemasangan, dan penyerahan ke pemerintah daerah setempat. Alat difabrikasi di laboratorium Teknik Mesin Universitas Sebelas Maret. Hasil rancang bangun telah terpasang dan sudah dapat beroperasi dengan baik. Semoga dengan adanya alat fitness outdoor ini menambah daya tarik wisata Gunung Pegat dan dapat digunakan oleh masyarakat untuk berolahraga ungkap Pak Bambang selaku Kepala Desa Karangasem, Bulu, Sukoharjo. Untuk menjaga ketermanfaatan alat ini, diharapkan pihak pengelola melakukan perawatan secara rutin.

Link youtube: https://youtu.be/5RSUJ2LU2l0

Tinggalkan Balasan

Close Menu