Kuliah Tamu S1- Teknik Mesin 2020 “From Idea To Prototype”

Kuliah Tamu S1- Teknik Mesin 2020 “From Idea To Prototype”

Surakarta, 18 September 2020  Prodi S1 – Teknik Mesin Universitas Sebelas Maret (UNS) mengadakan kuliah tamu yang di laksanakan secara online. Kuliah tamu ini di hadiri oleh para mahasiswa, dosen, dan juga alumni Teknik Mesin UNS. Kuliah tamu kali ini berjudul “ FROM IDEA TO PROTOTYPE “. Pembicara pada kuliah tamu kali bernama Fajar Budi Laksono M.Eng, yang merupakan alumni dari S1 Teknik Kimia Universitas Diponegoro tahun 2014. Setelah menyelesaikan pendidikan S1-nya beliau melanjutkan Pendidikan S2 di Pukyong National University, jurusan Interdisciplinary Program of Marine Convergence Design, dan beliau lulus pada tahun 2016.  Beliau biasa di panggil Mas Fajar. Mas Fajar sekarang bekerja sebagagi CEO pada salah satu perusahaan design manufaktur dan pembuatan prototype yang ada di Indonesia, yaitu PT. DTECH INOVASI INDONESIA. Mas Fajar memulai karirnya pada tahun 2014 sebagai C0-Founder and CEO  pada perusahaan “Penggagas” Indonesia yang berada di kota Salatiga.

 

Pada kuliah tamu ini berbeda dengan biasannya. Hal ini di sebabkan karena masih dalam situasi Pandemi Covid 19, maka kuliah tamu kali ini di laksanakan secara online via Zoom. Partisipan pada kuliah tamu ini berjumlah 206 partisipan. Pada kuliah tamu kali ini beliau memberikan materi mengenai design prototype,  sejarah dari PT. DTECH INOVASI INDONESIA, alat alat apa saja yang sudah diprosuksi oleh perusahaan tersebut, cara dan kiat yang diperlukan jika ingin membuat dan membuka sebuah perusahaan yang bergerak dalam pembuatan prototype, dan design, dan yang terakhir beliau mengajarkan kepada kami mengenai Design Thinking.  Adapun prestasi yang sudah di perolah oleh PT. DTECH INOVASI INDONESIA adalah : 1 Place – GE&Fuse (On Wing Jet Engine Inspection Design Global Competition 2017)  dengan partisipasi kurang lebih 40 kelompok dari seluruh dunia, lalu 1st Place – GE&GrabCAD (3D Printed Engine Bracket, dan Design Global Cpmpetition 2013) dengan partisipasi 700 kelompok dari berbagai negara Alasan, dan

 

motivasi beliau bergulat dalam pembuatan prototype, dan design  karena beliau yakin bahwa kemampuan dan minatnya adalah dalam bidang pembuatan design, dan pembuatan prototype. Beliau dari kuliah sudah sering menjuarai berbagi turnamen dalam bidang enginering baik yang diselenggarakan pada tingkat universitas, nasional, maupun internasional. Contohnya yaitu : 1st winner GE Consistent Image Jet Engine Inspection Challenge pada lomba Fuse & General Electric di USA. Selain itu beliau juga memiliki banyak jurnal publikasi sejak dari dulu contohnya yaitu : Application of in situ Liquid Ferrate (VI) for 2-Bromophenol Removal yang diunggah pada Journal of Korean Society of Water and Wastewateer.

 

Pada kuliah tamu kali ini beliau berpesan kepada mahasiswa mengenai 4 hal :1. Ambilah peluang sekecil apapun jika ada ( Artinya beliau mengajarkan kita untuk berfikir secara engginering untuk memanfaatkan segala peluang yang ada ) 2. Silahkan coba semua yang kamu inginkan ( Karena kita masih mahasiswa maka banyaklah mengikuti riset dosen, membuat jurnal publikasi, memperbanyak relasi, dll ) 3. Agar mahasiswa kedepannya semakin kreatif ( Beliau berharap agar mahasiswa sekarang dapat melatih dirinya untuk membuat suatu inovasi) 4. Agar kedepannya kita bisa membantu orang lain (Beliau berharap agar kedepannya kita berani  untuk membuka lapangan pekerjaan bagi yang membutuhkan . “Saya berharap agar kedepannya mahasiswa Indonesia sudah siap untuk menghadapi gelombang demografi, dan siap untuk mengambil resiko” Ujar Mas Fajar ( Surakarta, 18 September 2020).

Tinggalkan Balasan

Close Menu