PRODI TEKNIK MESIN BEKERJA SAMA DENGAN PONDOK PESANTREN WIRAUSAHA MASJID FATIMAH AR ROYYAN KARANGANYAR

 

Gambar 1 Kondisi lingkungan masjid dan asrama pondok pesantren wirausaha

 

Gambar 2  (a) asrama                            (b) laboratorium komputer

 

Gambar 3  Kondisi asrama podok pesantren pada umumnya

Dengan mempertimbangkan ruangan yang tersedia dan rencana penambahan santri untuk periode belajar tahun 2021 ini, maka tim pengabdi UNS mengusulkan rancangan tempat tidur yang terintegrasi dengan meja belajar. Tempat tidur ini bertingkat sehingga bisa ditempati oleh 2 santri, dan ketika waktu belajar ranjang bagian bawah bisa dilipat membentuk meja belajar yang sudah dilengkapi dengan lampu belajar. Tempat tidur tingkat dan terintegrasi dengan meja belajar ini terbuat dari baja hollow 4×6 cm untuk struktur utamanya dan baja hollow 4×4 untuk struktur asesorisnya, sedangkan meja belajar berbahan dasar kayu. Rancangan tempat tidur tingkat saat digunakan untuk tidur adalah seperti Gambar 4 (a), sedangkan rancangan tempat tidur saat digunakan untuk belajar adalah seperti Gambar 4(b).          

                             (a) kondisi untuk tidur                                  (b) kondisi untuk belajar

 

Gambar 4  Rancangan tempat tidur-meja belajar terintegrasi

 Tabel Tahapan pelaksanaan pengabdian pada masyarakat dan solusi permasalahan

Tahap

Permasalahan yang diselesaikan

Desain dan pelatihan desain tempat tidur-meja belajar terintegrasi

Masalah Bengkel Las Sumber Rejeki: kurang pengalaman dalam merancang struktur dinamis dan dalam membaca gambar Teknik.

Solusi: tim pengabdi UNS memberi pelatihan kepada pemilik dan karyawan Bengkel Las Sumber Rejeki tentang perancangan struktur tempat tidur tingkat terintegrasi dengan meja belajar lengkap dengan gambar kerja, perhitungan dimensi dan perhitungan faktor keselamatan.

Proses produksi tempat tidur-meja belajar terintegrasi

Masalah Bengkel Las Sumber Rejeki: kurang pengalaman dalam memproduksi struktur dinamis.

Solusi: karyawan Bengkel Las Sumber Rejeki melakukan rangkaian proses produksi tempat tidur-meja belajar terintegraasi sedangkan tim pengabdi UNS mendampingi pemotongan material dan proses pengelasan.

Serah terima tempat tidur-meja belajar terintegrasi

Masalah Ponpes Wirausaha: luasan ruang dan meja belajar kurang.

Solusi: tim pengabdi UNS menyerahkan tempat tidur-meja belajar terintegrasi hasil rancangan tim pengabdi dan hasil produksi bengkel las Sumber Rejeki.

Promosi dan pemasaran tempat tidur-meja belajar terintegrasi

Masalah Ponpes Wirausaha: Ponpes baru belum dikenal masyarakat.

Masalah Bengkel Las Sumber Rejeki: sistem pemasaran tradisional sehingga produknya belum dikenal di masyarakat.

Solusi: tim pengabdi UNS mempromosikan produk tempat tidur-meja belajar terintegrasi lewat grup WA, FB, Telegram, Website Prodi tentang kegiatan ini sehingga produk tersebut dikenal oleh stake holder sekaligus mempromosikan Ponpes Wirausaha. Promosi dalam bentuk foto dan video

 Iptek yang ditawarkan dalam pengabdian ini adalah berupa tempat tidur tingkat-meja belajar terintegrasi yang terbuat dari baja hollow yang dirancang sedemikian rupa sehingga produk tersebut bisa berfungsi sebagai tempat tidur sekaligus sebagai meja belajar untuk 2 orang. Produk ini terdapat mekanisme gerak sehingga membutuhkan bantalan (bearing) pada engsel-engsel gerak agar mekanisme gerak bisa berjalan dengan lancar. Baja hollow dipilih sebagai material dalam produk ini karena tersedia dalam berbagai ukuran dan bentuk sehingga rancangan bisa ringan tetapi kuat. Produk tempat tidur tingkat-meja belajar terintegrasi ini bisa dilepas dan dipasang dengan mudah. Gambar-gambar berikut memperlihatkan gambar teknik tempat tidur tingkat-meja belajar terintegrasi dalam keadaan dipakai untuk tidur gambar teknik tempat tidur tingkat-meja belajar terintegrasi dalam keaadaan dipakai untuk belajar.

 

Tinggalkan Balasan