Singapura - 2 Tim mahasiswa Indonesia kembali berjaya dan berhak berangkat ke London mengikuti kejuaraan SEM dunia setelah keduanya menjadi runner up dan posisi ketiga di Drivers' World Champion (DWC) di ajang Shell Eco Marathon (SEM) Asia 2017 yang digelar di Changi Exhibition Center Singapura.


Singapura - Dua tim dari kampus di Indonesia, Universitas Sebelas Maret Surakarta (UNS) dan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), akan bertanding dalam ajang mobil irit sedunia, Shell Eco Marathon (SEM) Global 2017, di London, Inggris.

Kepastian itu didapatkan, setelah kedua tim berhasil masuk tiga besar terbaik di ajang driver championship SEM Asia 2017.

sumber by :  Giri Wahyu Pambudi 

Hasil Kontes Mobil Hemat Energi yang sempat dilakukan pada bebarapa hari yang lalu di taman wisata candi prambanan, Singkat Cerita Kontes Mobil Hemat Energi atau KMHE adalah adu "Irit Irit-an" atau bahasa teknisnya adalah Efisiensi antar kendaraan yang telah di rancang sedemikian rupa oleh universitas universitas se indonesia. dan berikut adalah data hasil Kontes Mobil Hemat Energi 2016, Selamat untuk para Juara dan tetap semangat bgi yang belum menjadi juara, tetap berkreasi untuk menuju Indonesia yang lebih baik.

 

Untuk memfasilitasi hobi bermusik para anggota KMTM, Divisi Minat dan Bakat KMTM mengadakan acara akustik bertajuk Sound of Engineering. Selain untuk memfasilitasi anggota KMTM yang ingin bermain akustik di depan para penonton, agar lebih meriah KMTM juga mengundang jurusan jurusan lain, seperti tekniksipil, arsitektur, elektro, juga psikologi.

Agar PKM yang dibuat dapat lolos bahkan masuk pimnas terdapat beberapa trik trik tertentu. Oleh karena itu Divisi Pelatihan dan Pengembangan Teknologi KMTM mengadakan sebuah pelatihan yang bertujuan untuk mendorong para mahasiswa teknik mesin untuk dapat membuat PKM yang berkualitas serta dapat lolos PIMNAS.

Selain kewajiban untuk menimba ilmu di bangku kuliah, seorang mahasiswa harus juga memiliki skill komunikasi yang baik. Salah satu caranya adalah dengan berlatih berorganisasi. Menyadari hal tersebut, Divisi Pengembangan Sumberdaya Mahasiswa KMTM FT UNS mengadakan sebuah pelatihan yang bertajuk Pelatihan Organisasi.

 

Setelah rangkaian Injeksi atau Inagurasi Antar Jenjang Teknik Mesin 2016 untuk mahasiswa baru Teknik Mesin UNS 2016, KMTM mengadakan Malam Keakraban yang dilaksanakan pada 14 dan 15 Oktober 2015 yang dilaksanakan di Tawangmangu.

Acara ini bertujuan untuk mengakrabkan mahasiswa baru dengan kakak tingkat Teknik Mesin UNS dari berbagai angkatan. Serangkaian acara dilakukan pada acara makrab ini, diantaranya Sarasehan antarangkatan, pertunjukan seni tiap angkatan, dan outbound.

Pada tanggal 19 dan 20 Oktober 2016 Teknik Mesin UNS dikunjungi tamu istimewa dari Jepang Associate Professor Kosaku Kurata. Beliau datang jauh jauh dari Jepang untuk memberikan kuliah tamu tentang bioengineering and biomechanic yang sedang hangat dibicarakan. Kuliah tamu ini diadakan di ruang 303 Teknik Mesin FT UNS. Terlihat antusiasme warga Teknik Mesin lumayan tinggi untuk mengikuti kuliah tamu ini.

Setiap memasuki tahun ajaran baru, jurusan teknik mesin uns akan mengadakan ospek jurusan atau yang sering disebut INJEKSI (Inagurasi Antar enjang Teknik Mesin). INJEKSI ini bermaksud untuk mengenalkan proses perkuliahan di teknik mesin dan juga untuk membangun mental para mahasiswa baru teknik mesin. Injeksi tahun ini diadakan selama 3 minggu, setiap hari jumat dan sabtu pada bulan September 2016 yang diisi dengan kegiatan yang berguna.

Pada tanggal 14 Oktober 2016 Divisi Pelatihan dan Pengembangan Teknologi KMTM bekerjasama dengan Yamaha megadakan workshop dengan tema FI Ready Advance. Workshop tersebut dilaksanakan di Ruang Sidang Utama Gedung 3 Fakultas Teknik.

             Seperti yang kita ketahui semua MEA akan membuat persaingan bagi para tenaga kerja asal Indonesia menjadi lebih berat lagi, karena mereka tidak lagi bersaing dengan tenaga kerja dari negaranya sendiri, tetapi juga tenaga kerja asing. Untuk menghadapi persaingan tersebut, salah satu bekal yang harus dimiliki oleh calon tenaga kerja adalah keterampilan berbahasa inggris. Sebagai bahasa internasional, bahasa inggris akan menjadi bahasa yang digunakan dalam pekerjaan kedepannya, karena akan banyak sekali tenaga kerja asing yang masuk indoneisa.

              

Pada bulan Mei 2016, teknik diramaikan dengan adanya Pekan Olahraga Mesin 2016. Pekan Olahraga ini tidak hanya diperuntukan bagi mahasiswa teknik mesin saja, tetapi untuk seluruh mahasiswa teknik. Antusiasme warga teknik terlihat sangat tinggi, mengingat POM satu satunya acara olahraga yang diadakan oleh himpunan dan mengundang himpunan lain untuk ikut berpartisipasi di dalamnya.

 

Dewasa ini banyak sekali software sofware yang dapat membantu perkuliahan teknik mesin. Namun terkadang mahasiswa tidak dapat mengunakannya, karena kebanyakan software tersebut tidak diajarkan di bangku kuliah. Oleh karena itu divisi PPT KMTM FT UNS mengadakan dua pelatihan software yang paling umum digunakan yaitu Solidworks dan Ansys.

Kompetisi Shell Eco-marathon Asia 2016 baru saja diselenggarakan di Lueta Park, Manila, Filipina pada 3 sampai 6 Maret 2016. Shell Eco-marathon Asia adalah kompatisi yang mempertemukan engineer engineer di selurh asia, untuk menciptakan kendaraan dengan tingkat efisiensi bahan bakar terbaik. UNS mengirimkan 2 tim untuk bersaing pada kompetisi tersebut. Tim tersebut adalah Bengawan Team UNS 1 dan Bengawan Team UNS 2.