TORSI merupakan acara Try Out bagi siswa SMA Solo dan sekitarnya dan merupakan salah satu dari rangkaian acara Mechafest 2017. TORSI 2017 bekerjasama dengan Lembaga Bimbingan Belajar Neutron. Peserta untuk tahun ini mencapai 400 siswa untuk program Saintek dan Soshum. Acara dimulai pukul 7 pagi untuk registrasi ulang dan dilanjut dengan Try Out pukul 8.30, dilanjutkan dengan expo jurusan yang terdiri dari jurusan-jurusan Fakultas Teknik beserta jurusan kedokteran dan akuntansi. Acara ditutup oleh pengumuman nilai tertinggi yang diraih oleh Wildan Zaim dari program SAINTEK dan Rahma Kesuma dari program SOSHUM.

Pada tanggal 14 Oktober 2017 telah dilaksanakan kegiatan Kontes Robot Terbang Indonesia 2017. Acara ini merupakan acara yang diselenggarakan setiap tahun oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi melalui Direktorat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (Ditlitabmas). Kontes Robot Terbang Indonesia tahun 2017 terdiri atas 4 divisi yaitu divisi racing plane, divisi fixed wing, divisi vertical take off and landing dan divisi technology development.

 

Mechacare 2017 diadakan pada tanggal 3-5 Oktober 2017, Mechacare merupakan salah satu rangkaian acara dari Mechafest 2017. Mechacare 2017 atau yang biasa disebut “Bengkel Peduli” merupakan bentuk kepedulian dari mahasiswa Teknik Mesin UNS untuk mahasiswa dan masyarakat sekitar UNS dalam hal perawatan atau servis kendaraan roda dua dengan harga yang cukup terjangkau. Acara ini dapat terlaksana dengan adanya bantuan dan kerjasama dari dealer Ahass Honda Taruna Jaya dan Yamaha Panggung Motor. Selain menawarkan servis motor yang murah, berbagai stand makanan dan panggung hiburan juga ikut meramaikan acara ini. Antusiasme dari mahasiswa dan masyarakat pun cukup tinggi dengan jumlah peserta untuk mechacare tahun ini mencapai 230 motor. Respon baik dari masyarakat serta mahasiswa dikarenakan acara ini memudahkan bagi yang ingin menservis motornya karena tempat yang strategis yaitu diadakan di Lembah Teknik UNS. Nantinya acara ini akan dilaksanakan setiap tahun dengan konsep acara yang lebih meriah lagi seperti ditambah festival kuliner.

Berikut merupakan dokumentasi dari MECHACARE 2017.

  

 

 

Pada tanggal 13 Oktober 2017 telah dilaksanakan salah satu rangkaian acara Marifest, yaitu Deconbotion 2017 dengan kategori Remote Control Boat dan Autonomous serta bertemakan kapal pariwisata. Acara ini diselenggarakan oleh program studi Teknik Perkapalan Universitas Diponegoro dan bertempat di PRPP Maerakaca, Semarang. Kompetisi tersebut merupakan kompetisi adu cepat prototype kapal.

Program studi Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Sebelas Maret ikut serta dalam kompetisi tersebut dengan mengirimkan 1 tim, yaitu Bengawan UV Team 3 dalam kategori Remote Control Boat. Jumlah anggota tim terdiri dari 9 mahasiswa dan 1 dosen pembimbing. Pada tanggal 12 Oktober 2017 pukul 07.00 WIB dilakukan Technical Meeting di gedung Dekanat Teknik Perkapalan Universitas Diponegoro dan dilanjutkan test drive pada pukul 09.00 WIB bertempat di PRPP Maerakaca, Semarang. Bengawan UV Team 3 telah melakukan persiapan yang cukup dan memiliki kerjasama tim yang baik, sehingga mendapatkan hasil menjadi 12 besar dari 55 tim peserta dan menjadi juara pertama dalam group saat tahap I berlangsung. Hal ini menjadi sebuah kebanggaan untuk Bengawan UV Team 3 karena untuk pertama kalinya mengikuti kompetisi sudah mendapatkan prestasi yang cukup baik.

 

Mechanical Goes to School merupakan salah satu rangkaian acara Mechafest 2017 yang bertujuan untuk mengenalkan Teknik Mesin UNS kepada siswa SMA khususnya siswa kelas 12. Acara ini telah terlaksana dengan baik dan lancar dan sekolah yang kami kunjungi adalah dua Sekolah Menengah Atas di Solo yaitu SMAN 7 Surakarta (7 September 2017) dan SMAN 6 Surakarta (16 dan 18 September 2017).

 

Acara diisi oleh mahasiswa S1 Teknik Mesin  (Panitia Education Mechafest 2017) dan dihadiri oleh 45 siswa SMAN 7 Surakarta serta 4 kelas IPA SMAN 6 Surakarta. Acara berlangsung dengan pemaparan materi mengenai Universitas Sebelas Maret kemudian dilanjutkan dengan materi mengenai Teknik Mesin secara umum dan profil dari Teknik Mesin Universitas Sebelas Maret serta kegiatan-kegiatan mahasiswa yang ada di Teknik Mesin UNS. Respon yang diterima dari siswa-siswa SMA kelas 12 sangat baik, pada sesi tanya jawab para siswa aktif menanyakan bagaimana kehidupan perkuliahan serta dunia Teknik Mesin itu sendiri.