Mechanical Goes to School merupakan salah satu rangkaian acara Mechafest 2017 yang bertujuan untuk mengenalkan Teknik Mesin UNS kepada siswa SMA khususnya siswa kelas 12. Acara ini telah terlaksana dengan baik dan lancar dan sekolah yang kami kunjungi adalah dua Sekolah Menengah Atas di Solo yaitu SMAN 7 Surakarta (7 September 2017) dan SMAN 6 Surakarta (16 dan 18 September 2017).

 

Acara diisi oleh mahasiswa S1 Teknik Mesin  (Panitia Education Mechafest 2017) dan dihadiri oleh 45 siswa SMAN 7 Surakarta serta 4 kelas IPA SMAN 6 Surakarta. Acara berlangsung dengan pemaparan materi mengenai Universitas Sebelas Maret kemudian dilanjutkan dengan materi mengenai Teknik Mesin secara umum dan profil dari Teknik Mesin Universitas Sebelas Maret serta kegiatan-kegiatan mahasiswa yang ada di Teknik Mesin UNS. Respon yang diterima dari siswa-siswa SMA kelas 12 sangat baik, pada sesi tanya jawab para siswa aktif menanyakan bagaimana kehidupan perkuliahan serta dunia Teknik Mesin itu sendiri. 

Kompetisi Student Formula Japan (SFJ) 2017 yang diselenggarakan pada tanggal 5-9 September 2017 telah usai. Tim Bengawan Formula Student UNS dengan mobilnya yang bernama ‘ASTAKA’ kembali ke Tanah Air dengan wajah gembira, karena target mereka pada tahun ini untuk bisa race dan mengikuti dynamic event  telah tercapai.

Dalam Kompetisi Student Formula Japan 2017 terbagi menjadi dua event, yaitu Static Event  dan Dynamic Event. Static Event yang diselenggarakan di hari pertama dan kedua kompetisi, Tim Bengawan Formula Student UNS telah mengikutinya dengan hasil yang  cukup baik.

artikel 2.jpg

Selanjutnya, untuk bisa mengikuti Dynamic Event  beberapa tes harus dilakukan, antara lain Technical Inspection, Tilt & Weight Test, Noise Test dan yang terakhir Brake Test. Tim Bengawan Formula Student UNS dijadwalkan mengikuti Technical Inspection di hari kedua kompetisi. Pada hari ketiga kompetisi berjalan, Tim Bengawan Formula Student UNS berhasil menyelesaikan Technical Inspection. Disusul dengan Tilt & Weight Test, Noise Test  dan Brake Test yang selesai pada hari itu juga. Pada pukul 16.00 waktu setempat, ‘ASTAKA’ berangkat menuju tempat Dynamic Event . Setelah sedikit modifikasi dilakukan, akhirnya Tim Bengawan Formula UNS berhak mengikuti event Autocross.

artikel 1.jpg

Kemajuan yang pesat ditunjukkan Tim Bengawan Formula Student UNS dari tahun lalu, dibuktikan dengan keberhasilannya mengikuti Dynamic Event pada kompetisi SFJ 2017. Diharapkan dengan kemajuan pesat ini, Tim Bengawan Formula Student UNS akan bisa meraih salah satu Award yang ada di Kompetisi SFJ 2018.

Sumber : Solopos

Solopos.com, SOLO – Mobil formula Astaka garapan mahasiswa Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo yang tergabung dalam Tim Bengawan Formula Student (TBFS) UNS akan dibawa ke Jepang untuk mengikuti Student Formula Japan 2017.

Pada Selasa (22/8/2017) malam, mobil tersebut di-launching  di Solo Paragon Lifestyle Mall dan diperkenalkan kepada masyarakat Solo. Launching mobil tersebut dilakukan Wakil Rektor I UNS Solo Sutarno dan Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian Kota Solo, Agus Sutrisno.

Sumber : Liputan6.com, Cileungsi - Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristek Dikti) Republik Indonesia tengah mengawal proyek mobil listrik yang tengah digodok lima kampus negeri. Langkah ini dilakukan untuk membuktikan jika anak bangsa bisa mengembangkan kendaraan sendiri.

"Kita itu punya fakultas teknik di seluruh Indonesia dari 122 perguruan tinggi negeri. Sampai saya pikir, kalau nggak bisa (buat motor dan mobil listrik) apa ditutup saja (jurusan teknik) itu,"

"Artinya kita harus challenge betul, ternyata SDM (sumber daya manusia) kita mampu. Kita bisa lakukan itu sebagaimana regulasi," terang Menristek Dikti Muhammad Nasir di Kompleks Industri Wika Cileungsi, Bogor, Jawa Barat, Jumat (19/8).

Keyakinan Menristek akan kemampuan anak bangsa dalam mengembangkan mobil listrik berkaca dari motor listrik Gesits yang selangkah lagi masuk jalur produksi. Gesits sendiri merupakan sepeda motor listrik hasil kolaborasi Institut Teknologi Sepuluh Nopember dengan Garansindo Group.

Menristek Dikti menyebut ada lima perguruan tinggi negeri (PTN) yang terlibat dalam pengembangan mobil listrik. Kelimanya menjadi satu paket dalam proyek pengembangan mobil listrik nasional.

"Tahap berikutnya kami tengah uji namanya Molina (Mobil Listrik Nasional). Ada lima perguruan tinggi untuk menyelesaikan Molina, yaitu UI (Universitas Indonesia), ITB (Institut Teknologi Bandung), UNS (Universitas Sebelas Maret), UGM (Universitas Gadjah Mada), ITS (Institut Teknologi Sepuluh Nopember). Ini masuk dalam satu paket menyelesaikan mobil listrk," bebernya.

Lebih lanjut M. Nasir menyampaikan, saat ini Molina masih dalam tahap pengembangan dan belum melakukan tes secara umum. "Uji teknologinya juga belum. Rencananya uji performance akhir 2017 atau awal 2018 harapannya sudah bisa 2020 sudah bisa diperkenalkan," M. Nasir menambahkan.

Menariknya, mobil yang dikembangkan ini tidak hanya satu jenis. "Modelnya multi purpose vehicle(MPV), ada juga sedan, jadi fokusnya akan beda-beda," tutup M. Nasir.

Shell Indonesia berkolaborasi dengan tim bengawan UNS menggelar public lecture dengan tema A Healthy Life with A Healthy Planet pada hari Senin tanggal 15 Mei 2017. Public lecture ini diselenggarakan di Universitas Sebelas Maret dan dapat terlaksana karena koordinasi dengan Program Studi Teknik Mesin Fakultas Teknik UNS dan Bengawan Team UNS. Acara yang dihadiri oleh 363 orang ini bertempat di Ballroom UNS Inn dan diadakan pukul 08.30 hingga 11.30 WIB.